Tips Melatih Pitching (Tips Olah Vokal)


Tips Melatih Pitching  (Tips Olah Vokal)
Tips Melatih Pitching  (Tips Olah Vokal)
Tips Melatih Pitching  (Tips Olah Vokal) - Fals adalah akibat pitching yang kurang baik. Maksudnya, si penyanyi ngga bisa menyanyikan tinggi nada melodi lagu sesuai dengan iringan musiknya. Misalnya harusnya dia menyanyi 1 – 2 – 3 seperti di piano, tapi ia malahan menyanyikan 1# – 2# – 4. Sebenarnya, kemampuan agar bisa menyanyi dengan pitch yang benar bisa dilatih, hanya saja kemampuan belajar seseorang berbeda-beda. Ada yang cepat bisa (bahkan tanpa belajar) dan ada yang lembat.

Latihan paling murah dan mudah adalah mendengar nada. Melatih pitching harus dilakukan secara berkala. Nada bisa didapat dari piano atau instrumen musik apapun, tapi perlu diperhatikan bahwa untuk belajar pitch yang benar, instrumen tersebut sebaiknya sudah di-tune dengan benar. Caranya dengan memainkan satu nada dari sebuah chord, masing-masing satu kali. Kemudian, cobalah untuk membunyikan dengan tone yang paling mendekati sesuai frekuensi dasar tiap-tiap nada tadi. Selanjutnya, mainkan nada-nada itu beberapa kali sambil menyanyikannya. Bersamaan itu, dengarkan baik-baik apakah suaramu pitch-nya udah sama dengan instrument tersebut atau belum. Kamu bisa bereksperimen lebih lanjut dengan secara bertahap menaikkan atau menurunkan pitch menyanyimu untuk mendengar seperti apa menyanyi pada nada kruis (#) ataupun mol (b). hal ini juga berguna sebagai ukuran nada yang tepat untuk suaramu di anatara nada-nada tadi. Kalau sudah pas, segera “kunci” nada yang sudah tepat pada pitch-nya tadi. Biasakan dulu suaramu dengan pitch tersebut. Untuk lebih lanjutnya, kamu bisa juga membiasakan diri mencari pitch yang benar dengan scale nada mayor ataupun minor.

Teknik lainnya adalah dengan mempelajari melodi. Teknik ini dilakukan dengan menyanyikan melodi dari sebuah lagu yang sedang kita pelajari atau kita komposisi. Jika lagu mengandung nada-nada yang berdekatan, ada overtune, naik satu oktaf dan makin rumit. Apa bila terjadi seperti ini, resiko kehilangan pitch bisa aja terjadi dengan mudah. Untuk melakukan hal ini, yang terpenting adalah kita harus benar-benar memahami dan merekam pitch dari tiap melodi. Pastikan kamu sudah ‘menguasai’ semua nada yang tersusun dalam sebuah lagu itu. Kemudian coba nyanyikan tahap demi tahap sambil mendengarkan apakah semua sudah tepat. Jika kita udah menguasai nada tersebut, biasanya untuk berimprovisasi, penyanyi juga akan lebih mudah melakukannya.

Menyanyi bersama dengan lagu yang dinyanyikan orang lain, boleh dibilang fifty-fifty. Maksudnya, dengan suara orang lain kadang kita bisa juga mempelajari hal-hal lain selain pitching, namun kita sebaiknya bisa memilih penyanyi mana yang cocok dengan suara kita. Namun, perlu diingat bahwa yang dilatih adalah pitching, bukan mancari warna suara atau teknik bernyanyi lainnya.

0 Response to "Tips Melatih Pitching (Tips Olah Vokal)"

Post a Comment