Tehnik Vokal (Tips Olah Vokal)

Tehnik Vokal (Tips Olah Vokal)
Tehnik Vokal (Tips Olah Vokal)

 Tehnik Vokal (Tips Olah Vokal)

Assalammu'alaikum..

Ana pngen share ilmu vokal yg sudah ana dapat selama ana berlatih. smga bermanfaat buat temen2 munsyid semua..

Teknik Vocal adalah Cara untuk memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring.
Sobat nasyid semua, dalam Tehnik vokal itu terdapat beberapa unsur2. antara lain:
  1. Artikulasi adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
  2. Phrasering adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlak. 
  3. Sikap Badan adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
  4. Resonansi adalah usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
  5. Pernafasan adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
  6. Vibrato adalah usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
  7. Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya
  8. Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu :
  •  Pernafasan Dada : cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
  • -Pernafasan Perut : udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.Karena banyak boros udara yg keluar
  • Pernafasan Diafragma : adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan
Nah teman2 nasyid, di bagian poin 8 itu adalah intonasi. mungkin temen2 bertanya bagaimana sih biar intonasi menjadi baik?
Ini Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik :
  1. Pendengaran yang baik
  2. Kontrol pernafasan
  3. Rasa musical.
Tehnik Vokal (Tips Olah Vokal)

0 Response to "Tehnik Vokal (Tips Olah Vokal)"

Post a Comment