Cara Olah Vokal (Tips Olah Vokal)

Cara Olah Vokal (Tips Olah Vokal)
Cara Olah Vokal (Tips Olah Vokal)
Cara Olah Vokal (Tips Olah Vokal) - Menyanyi  atau  membawakan sebuah lagu bisa dilakukan dengan mudah manakala seseorang itu  sudah menguasai  tangga  nada atau dalam istilah  amerika nya di sebut ngerti dong dinging  suoro  ,bila di sesi ini seseorang belum faham  maka  yang terjadi manakala dia  menyanyi  sendiri terkadang akan les  atau meleset dari  jalur  nada yang  seharusnya,namun  bila  sudah  terbiasa mengikuti   suara vokal  dari lagu  orang lain  biasanya hal ini  tidak  akan terlalu kentara  atau secara  reflek  waktu dia  menyanyi sendiri akan  menyadari  bila ada  kesalahan dalam  membawakan nada. Bila  anda ingin  terjun di dunia  olah vokal anda  harus berusaha  dengan sungguh-sungguh dalam mempelajari cara  olah vokal  yang benar dan melakukan trik  atau latihan-latihan dalam mematangkan  suara atau  vokal anda,berikut ini antara  lain tips dan  trik latihan   yang harus  anda tempuh :

1. Berendam dalam kolam atau merendam  muka  dalam bak  yang  tujuannya  untuk berteriak     sekuat tenaga  didalam  air  sampai merasa kelelahan. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pita  suara atau menggetarkan  pita  suara  sampai diatas ambang kewajaran/kebiasaan anda mengeluarkan  suara,tujuannya untuk mematangkan  suara anda agar pada  waktu nada  rendah atau nada  tengah tidak akan timbul getaran kasar dan fals  istilahnya  groyok.lakukan hal ini  minimal seminggu 3 kali,efek sampingnya biasanya  akan  timbul pilek selama beberapa  waktu, latihan ini tentu saja  harus di imbangi  dengan anda sering  juga  menyanyi minimal  satu lagu  tiap hari.

2.Pengeluaran suara /artikulasi  yang jelas. Dalam mengeluarkan  suara/huruf harus jelas,misal  pengucapan huruf A ,anda harus benar-benar membuka mulut yang lebih lebar dari pada  kebiasaan berbicara,hal ini bertujuan agar  dalam membawakan lagu akan terdengar dengan jelas alias  tidak seperti orang bergumam,proses  latihannya yaitu dengan cara  ucapkan kata-kata A I U E O  dengan spasi yang cepat dan jelas berulang-ulang.

3.Pengeluaran suara yang tegas/keras. Dalam  menyanyi  baik itu  latihan  atau  di panggung biasakan mengeluarkan suara disertai dengan power yang kuat,apalagi pada  waktu nada  tinggi  anda  jangan  pernah  ragu-ragu  atau  takut mengeluarkan suara  yang keras,seorang  penyanyi  tidak kuat nada tinggi itu bukan dikarenakan memang suaranya  tidak kuat,hal itu  dikarenakan  cara  dan tekhnik  pengeluaran  suaranya  saja  yang belum benar/pas,suara  yang  tidak  kuat pada nada tinggi  itu  dikarenakan  pengeluaran suara  yang  ditekan  bukan power suaranya  yang  dinaikkan, maka  dari itu  jangan pernah ragu-ragu  dalam mengeluarkan  suara pada waktu  menyanyi. Setiap manusia mempunyai ciri khas suara tersendiri,jangan pernah ingin memiliki suara seperti orang lain dan menganggap suara kita lebih jelek dari orang lain,sebab semua semua suara memiliki keistimewaan  sendiri-sendiri.

Untuk pengeluaran suara sinden teorinya sebenarnya sama saja,hanya penempatan pengeluaran suaranya saja yang sedikit berbeda yaitu menggunakan suara pentatonik/nada tinggi atau bisa juga dikatakan suara palsu/suara hidung.

Cara Olah Vokal (Tips Olah Vokal)

0 Response to "Cara Olah Vokal (Tips Olah Vokal)"

Post a Comment