Tuesday, August 7, 2012

Teknik Olah Vocal Yang Baik (Tips Olah Vocal)

Teknik Olah Vocal Yang Baik (Tips Olah Vocal)
Teknik Olah Vocal Yang Baik (Tips Olah Vocal)
Teknik Olah Vocal Yang Baik (Tips Olah Vocal) - Menyanyi sekarang ini bukan hanya dijadikan hobi atau kerja amatiran saja. Dengan terbukanya media informasi dan hiburan di media massa elektronik, baik di radio-radio maupun televisi, maka terbuka juga peluang seni vokal menjadi pekerjaan atau kegiatan profesional. Untuk menjadi seorang penyanyi, tentunya tidak terlepas dari bagaimana melakukan latihan olah vokal. Olah vokal yang baik adalah cara seseorang dalam melatih vokalnya.
Teknik Olah Vokal
Ada beberapa teknik olah vokal yang bisa diterapkan, di antaranya sebagai berikut.
•    Artikulasi adalah pengucapan kata dengan jelas dan benar.
•    Pernapasan dalam olah vokal adalah kegiatan menghirup udara yang kemudian disimpan dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan. Pernapasan terdiri dari tiga bentuk dan ini bisa dilakukan pada waktu latihan olah vokal, yaitu perrnapasan perut, pernapasan dada, dan pernapasan diafragma.
•    Kekuatan dalam olah vokal berhubungan dengan pernapasan. Jika pernapasan bisa dilakukan dengan bagus, baik, dan benar maka kekuatan dalam mengeluarkan suara akan bisa dilakukan. Perlu diingat bahwa kekuatan dalam suara bukan kekuatan berteriak sekeras-kerasnya.
Latihan Olah Vokal
Agar ketiga poin di atas bisa tercapai dengan baik, maka diperlukan latihan-latihan yang benar. Latihan tersebut dilakukan sebelum melakukan olah vokal.
Sebelum masuk ke teknik vokal biasakan lakukan pemanasan tubuh. Pemanasan yang standar adalah menggerakkan anggota badan dari kepala sampai kaki. Pemanasan dimaksudkan agar tubuh menjadi lentur dan ini bermanfaat bagi penyanyi panggung, agar kondisi tubuh tetap terjaga.
Sesudah lakukan olah tubuh, lemaskan badan. Tubuh usahakan rileks. Dan lakukan hal-hal di bawah ini:
•    Lalukan pernapasan dengan tubuh yang rileks, posisi badan duduk dengan tegak dan kaki disilangkan. Tutup mata dan tarik napas perlahan-lahan, lalu hembuskan pelan-pelan. Lakukan sebanyak sepuluh kali.
•    Tahap kedua tetap dengan posisi pertama. Perbedaannya, tarik napas perlahan-lahan, jangan dikeluarkan langsung. Tahan sampai sepuluh detik dan keluarkan perlahan-lahan. Lakukan sebanyak sepuluh kali.
•    Setelah itu, lakukan olah vokal. Lakukan pernapasan dan pada waktu mengeluarkan napas, keluarkan atau bunyikan huruf vokal A I U E O secara bergantian.
Teknik Pernapasan dan Artikulasi
•    Pernapasan Perut: Lakukan cara pernapasan (seperti di atas), tahan napas di perut beberapa detik dan keluarkan huruf vokal A I U E O.
•    Pernapasan Dada: Lakukan cara pernapasan, tahan napas di dada beberapa detik dan keluarkan huruf vokal A I U E O.
•    Pernapasan Diafragma: Lakukan cara pernapasan, tahan napas di diafragma beberapa detik dan keluarkan huruf vokal A I U E O. Pernapasan diafragma cocok dipakai untuk mengeluarkan suara yang panjang dan melengking.
•    Artikulasi: bisa dilakukan dengan teknik pernapasan. Bedanya, vokal yang dikeluarkan adalah huruf vokal yang diulang-ulang. Contoh kukukakikakekukeko Å“suaramusikberdentamdentum. Pengucapan dilakukan berkali-kali sekaligus tanpa ada jeda. Lakukan dengan dibarengi teknik pernapasan.
Teknik Olah Vocal Yang Baik (Tips Olah Vocal)

0 comment:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India