Cara Membuat Vokal Tinggi (Tips Olah Vokal)

Cara Membuat Vokal Tinggi (Tips Olah Vokal)
Cara Membuat Vokal Tinggi (Tips Olah Vokal)

Cara Membuat Vokal Tinggi (Tips Olah Vokal)Vokal atau suara yang indah adalah idaman setiap para penyanyi maupun orang yang hobi bernyanyi. Cara agar mendapat vokal yang indah dan bagus tentunya perlu latihan-latihan yang konsisten dan keras. Memang ada beberapa dari orang disekitar kita sejak lahir diberi oleh Allah anugrah suara atau vokal yang bagus, vokal tinggi dan berkarakter. Tetapi suara atau vokal juga bisa dilatih agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Berlatih vokal bisa dengan cara mengikuti kelas musik untuk vokal, ataupun belajar sendiri atau otodidak. Tapi kami menyarankan agar anda seoramg yang ingin berlatih vokal hendaknya mengikuti kelas musik, karena ada hal yang memang perlu di dalam olah vokal seorang pembimbing untuk mengajari beberapa teknik olah vokal dalam bernyanyi. Kemudian untuk belajar vokal sendiri juga tetap dilakukan di rumah misalnya, dengan cara sering menyanyi berbagai lagu baik dalam negri maupun mancanegara. Hal ini akan membuat anda menguasai beberapa teknik dalam setiap lagu-lagu yang anda nyanyikan. Kemudian berbicara tentang vokal tinggi yang kadang merupakan suatu tolok ukur atau syarat penyanyi itu bisa dikatakan bagus dan hebat walaupun kadang suara berkarakter juga bagus, para penyanyi baik profesional maupun pemula juga berlatih melatih suara atau vokal agar tinggi. Suara tinggi bisa dilatih dengan latihan yang tidak terlalu sulit tetapi harus konsisten dan kerja keras. Semua mudah jika kita mau berusahan, kerja keras, berdoa dan sabar. Dalam artikel ini kami akan mencoba memaparkan beberapa cara untuk membuat vokal atau suara menjadi tinggi. Mari kita simak bersama-sama.

1. Menjaga Kualitas Vokal


Cara membuat vokal tinggi yang pertama adalah menjaga kualitas vokal atau suara. Untuk menjaga kualitas suara adalah hal yang mudah tetapi perlu sikap konsisten dalam melakukan atau menjaga kualitas vokal kita. Misalnya dengan menjaga dan mengontrol makanan, seperti gorengan yang kadar minyaknya tinggi, lalu hindari merokok. Kemudian sering mengkonsumsi air putih hangat agar pita suara kita menjadi bagus dan vokal yang dihasilkan juga bagus.

2. Rajin Berolahraga

Cara membuat vokal tinggi yang kedua adalah dengan rajin berolahraga. Olahraga merupakan kegiatan sangat penting, selain menjadikan tubuh kita menjadi sehat dan bugar, dengan berolahraga organ-organ penting tubuh seperti paru-paru dan jantung menjadi sehat. Jika organ tubuh seperti paru-paru, kemudian jantung sehat dan kuat, secara otomatis power vokal kita juga akan mengikuti.

3. Melatih Pita Suara 

Cara membuat vokal tinggi yang ketiga adalah dengan berlatih olah vokal untuk melebarkan pita suara. Caranya adalah dengan cara menyanyikan lagu bernada rendah dan menyanyi dengan suara lepas tanpa ditahan. Kemudian nyanyikan tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do dalam nada rendah. Setelah itu nyanyikan tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do dengan nada tinggi sampai batas maksimal kekuatan suara atau vokal anda. Lakukanlah hal ini setiap hari agar pita suara anda terbiasa dan kemudian elastis.

4. Menyanyikan Lagu Nada Tinggi

Cara membuat vokal tinggi yang keempat adalah menyanyikan lagu dengan nada tinggi. Cobalah nyanyikan beberapa lagu dengan nada tinggi untuk melatih vokal anda agar terbiasa dengan nada-nada tinggi. Contoh lagu nada tinggi biasanya lagu-lagu rock, seperti Gun's N' Roses, Mr Big dan masih banyak yang lainnya. Berlatih menyanyi setiap hari agar vokal kita terlatih karena terbiasa dengan nada-nada tinggi.

5. Berdoa

Cara membuat vokal tinggi yang kelima adalah berdoa. Setelah anda berlatih dengan keras dan konsisten tentunya, sebaik tinggal berdoa pada Allah. Baiknya berdoa sebelum dan sesudah latihan vokal agar kita dimudahkan dalam belajar serta dapat mewujudkan vokal kita menjadi tinggi.

Cara Membuat Vokal Tinggi (Tips Olah Vokal)

0 Response to "Cara Membuat Vokal Tinggi (Tips Olah Vokal)"

Post a Comment