Tips Mengatasi Suara Fals (Tips Olah Vokal)

Tips Mengatasi Suara Fals (Tips Olah Vokal)
Tips Mengatasi Suara Fals (Tips Olah Vokal)
Tips Mengatasi Suara Fals (Tips Olah Vokal)Menjadi penyanyi profesional atau minimal penyanyi bersuara merdu memang tidak mudah, apalagi jika ‘dianugerahi’ suara yang fals. Berlatih vocal memang cara yang efektif untuk mengubah suara fals menjadi merdu, namun jika tidak disertai teknik-teknik yang tepat mungkin hasilnya tidak maksimal. Apalagi mereka yang tidak sabar dalam belajar, memiliki suara merdu bisa jadi hanya harapan kosong.

Ada banyak tips mengatasi suara fals menjadi merdu, satu diantaranya memaksimalkan latihan vocal. Namun jika kita sudah memiliki metode latihan dan kemampuan teknik vocal yang baik namun tidak mendatangkan hasil maksimal, maka kita butuh strategi latihan khusus untuk mengoptimalkan hasil latihan. Nah, bagaimana cara menyiasati suara fals? Bagaiamana bentuk latihan vocal sehingga suara berubah menjadi merdu?

Latihan Vocal dengan Menutup Telinga

Sebagai langkah awal kita bisa bernyanyi sambil menutup salah satu telinga, bisa kiri atau kanan. Jika salah satu telinga tertutup saat bernyanyi maka output suara kita bisa terdengar lebih jelas. Dengan begitu mudah juga bagi kita untuk mengontrol nada-nada yang kita keluarkan sekaligus mendeteksi suara fals yang terdengar.

Cara ini juga bisa kita lakukan sewaktu perform di atas panggung. Ditengah-tengah iringan musik yang begitu keras kadang-kadang kita sulit untuk mengontrol dan menyesuaikan nada. Jika salah satu telinga kita tertutup maka vocal kita lebih terkontrol. Tapi ingat, untuk menjaga perform tetap bagus sebaiknya cara ini tidak terlalu sering dilakukan karena akan mengganggu penonton. Cukup dilakukan ketika sampai pada nada-nada yang cukup beresiko.

Fokus pada Teknik Vocal

Salah satu tips mengatasi suara fals menjadi merdu kita harus tetap fokus pada teknik vocal, bukan pada lagu yang kita nyanyikan. Ingat, otak kita akan kesulitan untuk fokus pada dua hal yang berbeda diwaktu yang sama. Jika kita terlalu fokus pada syair dan melodi biasanya teknik vocal akan terabaikan. Disaat itu otak kita tidak mungkin memproses dua informasi bersamaan yaitu object dan fokus, dimana keduanya sama sekali berbeda. Intinya tidak mungkin kita bisa fokus pada teknik vocal jika otak kita terlebih dulu terkonsentrasi pada syair dan melodi lagu.

Untuk menghindari dua tersebut maka terlebih dulu kita harus mengusai syair dan melodi lagu yang akan dinyanyikan. Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah pemanasan vocal. Pemanasan vocal yag dimaksud termasuk latihan pernafasan terutama pernafasan perut dan pernafasan diafragma. Sama halnya warming up saat berolahraga, pemanasan vocal dilakukan minimal 10-15 menit.

Setelah penguasaan syair dan melodi serta pemanasan selanjutnya kita fokus berlatih teknik vocal. Berlatih teknik vocal satu atau dua bagian sangat membantu kita mengatasi kelemahan vocal terutama suara-suara fals ketika kita bernyanyi. Berikutnya kita tinggal menerapkan teknik yang sudah kita latih dengan cara mencoba menyanyikan beberapa buah lagu.

Cooling Down

Sama seperti pemanasan vocal, cooling down merupakan bagian teknik vocal untuk mengatasi suara fals menjadi merdu. Cooling down sendiri sangat membantu suara kita ke bentuk aslinya. Contohnya darah yang beredar di otot area pita suara dapat menyebabkan ketegangan serta kelelahan. Nah, cooling down akan mengembalikan vocal kita pada kondisi semula.

Ketika seseorang bernyanyi secara live maka resiko ‘terjebak’ ke nada-nada fals sangat mungkin terjadi. Nah, untuk menghindari kemungkinan tersebut beberapa tips mengatasi suara fals menjadi merdu diatas bisa diterapkan saat latihan. Ingat, tak hanya penyanyi amatir tapi penyanyi profesional sekalipun bisa bersuara fals secara tak terduga. Oleh karena itu berlatih vocal perlu dilakukan secara teratur setiap hari.

Tips Mengatasi Suara Fals (Tips Olah Vokal)

0 Response to "Tips Mengatasi Suara Fals (Tips Olah Vokal)"

Post a Comment